JUN WEBSITE

Membaca adalah Jendela Dunia

Wow, Ilmuwan Siapkan Otak Manusia


Ilustrasi (techradar)

Oxford – Perkembangan ilmu pengetahuan memungkinkan manusia menciptakan otak buatan untuk pertama kalinya, hanya dalam waktu 10 tahun ke depan. Demikian klaim para ilmuwan Swiss yang tergabung dalam Blue Brain Project.

Para ilmuwan yang tergabung dalam proyek itu adalah yang pertama kalinya mencoba mengkreasi otak buatan dengan mereka ulang sifat miliaran neuron otak dengan bantuan komputer.

Rencananya, otak manusia sintetis yang akan dibuat itu bakal diteliti untuk memahami bagaimana informasi panca indra dari dunia luar diinterpretasi dan disimpan. Selain itu sebagai cara baru untuk meneliti penyakit otak tanpa perlu lagi bereksperimen pada binatang.

Berbicara di Oxford University, Inggris, profesor Henry Markham selaku direktur proyek mengklaim telah sukses mensimulasi neocortex otak, bagian yang berkembang pesat untuk menangani situasi sosial.

Mereka mengkreasi simulasi 3D sekitar 10.000 sel otak untuk meniru sifat neocortex otak tikus. Langkah permulaan ini membuat mereka optimis dapat membuat otak manusia dengan fungsi yang sama persis dengan otak asli dalam 10 tahun ke depan.

“Anda perlu satu laptop hanya untuk mengkalkulasi satu neuron, sehingga anda memerlukan sepuluh ribu laptop (sampai selesai),” jelasnya seperti dilansir Guardian dan dikutip detikINET, Jumat (24/7/2009).

Maka untuk melangsungkan proses tersebut, mereka memilih memakai super komputer IBM Blue Gene. Apakah impian ambisius mereka itu bakal terwujud? Waktu yang akan menjawabnya.

Agustus 4, 2009 - Posted by | KUMPULAN BERITA MENARIK |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: